Minggu, 27 Mei 2012

Usia kian hari tambah tau berkurang??

Usia kian hari bertambah, itu tidak bisa ditolak. Semakin menua biasanya muncul tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur dan berkeriput. Kulit kendur ataupun keriput bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya stres, gaya hidup yang salah, asupan kalori yang terlalu banyak, kualitas tidur yang kurang atau paparan sinar matahari yang berlebihan.

Beberapa literature menyebutkan, sebenarnya kulit mulai menua sejak usia 25 tahun. Hal tersebut dipertegas oleh dr Dewi inong irana, SpKK dari RS Permata Cibubur yang menyebutkan sejak usia 16 tahun kulit manusia sudah mulai mengalami penuaan secara perlahan. Karena itu dianjurkan untuk menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh sejak usia dini.

Menurut Roslaina Verauli, M. Psi., psikolog dari RS Pondok Indah, yang menarik di usia 40 tahunan yaitu para wanita merasa hebat di bidangnya dan merasa berkompeten. Puber kedua bukanlah hal yang penting, tapi yang terpenting yaitu menjaga hubungan yang baik dengan pasangan. Justru akan ada aroma kesedihan jika mengalami puber kedua dengan orang lain.

Membuat Awet muda

Jika anda menginginkan kulit yang mulus dan menarik hingga tua nanti tentu saja bisa. Lagipula, kulit cantik tidak hanya untuk diri anda sendiri, tapi juga membuat orang di sekitar anda, termasuk pasangan merasakan aura dan energi positif dari diri anda. Ada tiga prinsip utama yang mampu membuat kulit awet muda, yaitu:

1. Membatasi Asupan Kalori. Proses pencernaan membutuhkan antioksidan yang sangat banyak untuk membuang racun-racun yang masuk ke dalam tubuh akibat asupan kalori berlebih. Selain itu, tidak pula dianjurkan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dan makanan terlalu manis. Sayur minimal dikonsumsi dua porsi dalam sehari. Jika mengkonsumsi secara rutin mampu mencegah kepikunan. Sementara, karbohidrat yang baik didapat dari beras merah karena mengandung banyak serat, Vitamin B-nya lengkap, terutama Vitamin B6 dan B12 yang sangat penting untuk menjaga kecantikan kulit.

2. Menjaga Kesehatan. Caranya sangat mudah, mulai dari manajemen stres, memperhatikan keseimbangan hormone, memperhatikan kesehatan otak dan jantung, menjaga pola hidup, ditambah dengan perawatan dari luar. Orang yang tidak mampu mengontrol emosinya akan membuat orang tersebut tampak lebih tua. Dengan berbagai masalah yang tidak mampu diatasinya, maka akan membuat orang tersebut untuk selalu cemberut dan tidak mudah tersenyum sehhingga aura cantik dalam dirinya tidak akan keluar. Cara untuk mengaturt manajemen stres ini dengan menyalurkan emosi dengan terbuka mengatakan yang sesungguhnya kepada orang yang membuat anda emosi. Karena itu jagalah hati dan selalu positive thinking.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur. Jika tiga prinsip tersebut dijalankan, kulit akan selalu sehat dan terhindar dari penuaan dini. Jadi kalau mau awet muda, jangan lewat jalan pintas.

Perawatan

Selain tiga prinsip di atas, lakukanlah perawatan wajah sehari-hari cukup dengan melakukan ritual membersihkan wajah sebanyak dua hingga tiga kali sehari, mengoleskan sunblock (minimal SPF 15), jangan lupa selesai mandi di scrub (maksimal dua kali seminggu), bisa pula dilulur dengan ekstrak bengkoang. Sekarang sedang tren pemakaian kolagen ikan dalam kemasan 500 mg untuk mempercantik kulit, tapi masih belum diketahui keefektifannya.

Saat ini juga banyak cara instant dengan treatment suntik kolagen, tapi perlu waspada pula bagi umat muslim karena dikhawatirkan terdapat kandungan yang tidak halal di dalamnya. Paling penting yaitu mengkonsumsi air mineral minimal 2 liter per hari.

Perawatan kulit lainnya yaitu rutin mengoleskan krim malam yang mengandung Vitamin C dan retinon, melindungi diri dari paparan sinar matahari pagi selama tiga puluh menit untuk asupan vitamin D, dan memperlancar peredaran darah dengan melakukan olahraga ringan sekitar 30 menit perhari, seperti jalan pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar